24 Mei 2017

CARA BALIK NAMA KENDARAAN BERMOTOR (SEPEDA MOTOR) DI SAMSAT PAMEKASAN



                 Alamat Kantor Samsat Pamekasan Jl. Wahid Hasyim, Lawangan Daya selatanya Sekolah MAN 2 Pamekasan. Untuk mengurus Balik Nama Sepeda Motor bawak STNK, BPKB, KTP (Pemilik Baru), Sepeda Motor (yang mau dibalik nama) dan Uang (biaya pengurusan balik nama) tidak perlu KTP pemilik lama.
                Pertama, datang ke kantor Samsat, Sepeda motor langsung dibawak ke Tempat Cek Fisik. Tempatnya ada dibagian belakang. Datangi petugas cek fisik bilang mau cek fisik untuk balik nama.
                Kedua, setelah cek fisik selesai bawak kertas hasil cek fisik, STNK, BPKB dan KTP ke Tempat Foto Copy. Tempatnya disebelah barat tempat cek fisik, bilang foto copy untuk balik nama, tukang foto copy akan melengkapi berkas-berkas untuk balik nama. Untuk biaya foto copy kurang lebih Rp12.000,-
                Ketiga, bawak berkas-berkas balik nama ke Layanan Pengesahan Cek Fisik tempatnya di sebelah timur Tempat Cek Fisik.
                Keempat, setelah dari pengesahan bawak berkas ke Layanan BPKB tempatnya di depan bagian selatan, lalu bawak berkasnya ke Tempat Pengambilan Formulir, isi Formulirnya untuk cara pengisian tanya kebagian informasi, lalu ke Loket 1 Pendaftaran-Penetapan, lalu ke Loket 2 Pembayaran, setelah membayar biaya balik nama STNK baru atas Nama Pemilik Baru akan dikasih. untuk BPKB baru harus nunggu kurang lebih 1 bulan, diambil di Polwil alamatnya di Jl. Raya Nyalaran.
                Kelima, bawak STNK yang baru ke Layanan TNKB tempatnya di utaranya tempat Layanan Pengesahan Cek Fisik di situ dicetak Plat Nomor Baru. Untuk pengurusan Balik nama sudah selesai, tinggal ngambil BPKB baru kira-kira 1 bulan kemudian di Polwil.
                Untuk perkiraan Biaya Pengurusan Balik Nama perhitungannya kurang lebih seperti berikut:

  • ·         BBN KB (Bea Balik Nama Kendaraan Bermotor sebesar 2/3 PKB (Pajak Kendaraan Bermotor)

  • ·         Biaya Admin STNK Rp20.000

  • ·         Biaya SWDKLJ Rp35.000

Contoh perhitungannya:
Jika PKBnya : Rp213.000 maka BBN KB = 213.000 X 2/3 = 142.000
Jadi total biayanya BBN KB + PKB + SWDKLJ + Admin =
142.000 +213.000 + 35.000 + 20.000 = 410.000
Kira-kira seperti itu perhitungannya, tapi sebaiknya bawak uang lebih untuk jaga-jaga takut ada biaya-biaya yang lain seperti biaya foto copy, biaya parkir, dll.
Untuk Pengambilan BPKB baru hanya bisa diambil oleh Pemilik, kalau mau di wakilkan harus dengan surat kuasa. Bawak KTP Pemilik dan STNK lalu datang ke Polwil masuk ke Layanan BPKB tempatnya di kantor depan bagian utara.
)*( Tulisan ini saya buat berdasarkan pengalaman pribadi saat ngurus balik nama pada tanggal 17 April 2017. Jika suatu waktu terjadi ketidak sesuaian atau ketidak cocokan mengenai syarat ataupun langkah-langkah pengurusan balik nama kendaraan bermotor yang saya tulis, saya mohon maaf. Untuk informasi lebih jelas tentang tata cara pengurusan balik nama kendaraan bermotor bisa ditanyakan di lokasi. Di Samsat atau pun di Polwil sudah tersedia bagian Informasi yang bisa memberi penjelasan lengkap.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

 

Minibox 3 Column Blogger Template by James William at 2600 Degrees
Edit by 3yLonk, TenTunYA hehe... ^_^